Marriage is the beginning of all hell (^o^)




Kalimat diatas itu adalah kalimat yang sering saya ucapkan ke mereka yang masih muda dan melihat pernikahan sebagai suatu romansa berenda yang serba indah dan unyu. Tapi jangan salah duga dulu. Saya tidak pernah bermaksud mengatakan bahwa pernikahan itu akan full derita dan tangisan darah. Saya cuma mau bilang kalau menikah itu penuh cobaan dan rentetan peristiwa yang tidak mudah dihadapi. Tapi bukan berarti tidak bisa dilalui lhooo.. Kalau bisa disikapi dengan lapang dada dan bijaksana, pernikahan juga banyak lucu-lucunya kok. Saya cuma berpikir, tidaklah bijaksana mendorong seseorang untuk menikah tanpa membekali yang bersangkutan kesadaran bahwa pernikahan tidak sesederhana ending film kartun: and they live happily ever after...

Menikah berarti menerima pasangan dengan semua masa lalunya.

Ini gampang diomongin, susah dipraktekin. Masih banyak juga yang belum bisa berdamai dengan masa lalu pasangannya. Entah masalah keluarga, masalah personal, sampe masalah mantan. Salah satu cara yang saya pilih adalah dengan membuka semua kartu dan semua rahasia yang saya punya. Take it or leave it lah. Daripada taunya belakangan dan jadi rame? Kan mendingan sekalian dibuka di depan, dan dirembug bersama jadinya mau gimana. Kebetulan kalo masalah ini, saya gak punya masalah yang berarti. Soalnya emang masalah keluarga udah saya buka dari pacaran. Soal mantan? Lah dia kenal mantan saya dan saya juga kenal mantannya. Rugi banget ribut masalah mantan. Nah kalau kamu tipe yang susah move on dari mantan atau masa lalu, mungkin diselesaiin semuanya aja dulu baru nikah.

Menikah berarti berdamai dengan semua kebiasaan pasangan.

Naaah.. ini adalah hal-hal yang tampak sepele dan nggemesin kalau belum nikah, tapi bikin gondok pas udah lama. Hahahahaha.. Jujur aja, nyatuin dua kepala dengan kebiasaan yang beda itu... alamakjan rasanya. Sampe sekarang aja saya masih suka ribut sama Bowo soal kebiasaan saya tidur seharian tiap libur, dan kuat gak makan seharian. Ya namanya juga tidur, mana ada laparnya? Padahal dia pasti udah rajin beraktifitas yang biasanya gak bisa santai dia lakukan di hari kerja, misalnya mandiin sama ngajak ngobrol burung-burung peliharaannya, main bola, beberes kebun, ngajak main anjing-anjing peliharaan, dll. Pokoknya dia produktif, saya kebo. Hahahaha.. Lha saya tiap hari kerja isinya masak buat warung, kerja dan ngajar, trus langsungan jaga warung sampe malam sambil nyiapin bahan kuliah besok. Gituuuu terus. Jadi kalau hari libur, saya bener-bener cuma mau nebus kekurangan tidur saya. Dan jujur saya bisa kuat tidur sampe lewat tengah hari. Hahahahaha... Kebo maksimal pokoknya. Nah, padahal si Bowo ini kalau telat makan pasti ngomel dan pusing, tapi selalu pengennya nungguin saya bangun buat makan bareng. Dan saya berkali-kali bilang supaya dia beli makan aja sendiri dulu, baru ntar makan malamnya bareng. Ini kejadian tiap weekend lho. Jadi tiap weekend kami selalu berantem karena yang satu laper dan yang satu ngantuk. Nggak banget yaaa..
Kami juga sering ribut karena Bowo punya kebiasaan menunda sesuatu, entah karena mager, atau karena gak enakan. Yang jelas, adaaaa aja alasannya. Endingnya, pasti jadi rame setelah dengan gemes saya kerjain sendiri atau maksa dia ngerjain bareng.

Menikah itu belajar melihat kelucuan di balik kebiasaan pasangan.

Kalau dibawa spaneng terus, perbedaan mah mana ada abisnya, ya kan? Biar gak stress, dijadiin hiburan ajaaaa.. Kayak si Bowo itu kan orangnya suka gampang terpengaruh sama omongan orang. Jadi kadang suka saya kerjain. Misalnya, dia udah siap berangkat kerja dan udah necis banget, trus tiba-tiba saya komentarin, "Kaos kakimu begitu amat warnanya." Pasti dia langsung panik dan buru-buru ganti. Hahahaha #gakjahatkok #emanggakmatching #kadangisengsih. Urusan beginian ini yang bikin dia rempong banget kalo traveling. Jadi istrinya bisa bawa satu ransel udah lengkap dengan peralatan makeup di dalamnya, dia paling nggak masih nenteng satu tas tambahan yang entah buat apa. Gak bisa banget diajak light traveling. Gemeeeesssss! Belum lagi dia kan takut ketinggian tuh. Jadi paling gak bisa diajak naik-naik wahana sebangsa roller coaster yang saya demen banget. Alhasil saya harus ngemis-ngemis ke orang lain buat nemenin duduk sebelahan. Gengges banget dah. Yang paling apes buat dia adalah kebiasaan saya yg suka ngimpi kebablasan dan nglindur. Untungnya udah gak pernah lagi sih. Soalnya dulu saya pernah sleepwalking juga. Kebiasaan ini juga udah makan korban, siapa lagi kalau bukan suami sayaaahh.. Hahahaha.. Jadi pernah dalam dua kesempatan yang berbeda, saya memukul Bowo dalam tidur. Yang pertama saya tonjok telak matanya, gegara saya mimpi dikejar maling dan berakhir baku hantam dengan malingnya. Keras gak? Tentu dengan tenaga penuh, wong mukul maling jeee.. Waktu dia bangun sambil aduh-aduh, saya pura-pura tidur dong biar gak diomelin. Hihihihihihi.. Yang kedua saya keplak kepalanya karena saya mimpi digigit lobster raksasa yang nempel gak mau lepas dari tangan saya. Ceritanya sih saya kibaskan tangan saya sekuat tenaga supaya lobsternya lepas. Eh, ternyata ngibasnya di muka suami. Huahahahaha.. Ini kayaknya saya aja sih yg nganggap kejadian ini lucu. Dianya mah jengkel. Soalnya dia juga pernah ngelindur, gegara mimpi main bola, trus ceritanya nyundul bola sekuat tenaga biar gol. Eh, yang kesundul tembok dong. Sekuat tenaga pula sampe mak jeduk gitu deh bunyinya. Hahahahaha.. Saya amaaaaannn... Terus laki saya ini hobinya drama dan posting status di sosial media soal nasibnya yang teraniaya. Jadilah kami berisik geje di sosial media, ditonton para pemirsaaahh. Hahahahahaha.. #emangkamigeje

Menikah itu menyadari bahwa sekarang semuanya urusan bersama.

Ini yg kadang masih gak rela dilepas: "ke-akuan" kita. Padahal kalau sudah memutuskan menikah, harus sadar kalau semua harus dirembug dua kepala. Gak bisa tiba-tiba kita memutuskan beli apartemen tanpa rembugan dulu, meskipun gak pake uang dia. Kan sekarang urusannya beda. Untungnya saya dan Bowo lumayan sepakat untuk urusan rumah tangga. Kami sangat terbuka untuk urusan keuangan, dengan memberikan ruang gerak pribadi untuk keuangan pribadi. Jadi saya sampe sekarang gak pernah tau gaji dia berapa dan sebaliknya, asalkan keuangan rumah tangga yang kami atur dan bagi bersama tidak terganggu. Mungkin ini cara aneh, tapi somehow, it works well for us. Jadi kemaren Bowo nanya sama saya, berapa pengeluaran saya sebulan buat beli lipstik #sayabancilipstik #ngakusalah. Saya bilang sekitar 500 mungkin (kalau lagi kalap). Trus dia nyengir lega dan bilang, "Berarti seimbanglah sama pengeluaranku beli burung". Entah apa dia beli burung sampe 500 rebu sebulan??? Hahahahaha... Kami juga memberi waktu bermain pribadi sehingga kami masing-masing gak berisik karena gak punya me-time. Soal memberi uang ke keluarga juga harus banget dirembug karena bisa jadi urusan sensitif. Jadi saya gak mungkin mengeluarkan uang pribadi untuk saudara tanpa sepengetahuan dia. Kami usahakan semua terbuka supaya gak ada prasangka gak penting.

Menikah itu menyadari bahwa cinta aja gak cukup.

Makan cinta itu gak cukup pemirsaaaahh.. Yang saya maksud buka masalah finansial sih, walaupun itu juga krusial. Tapi juga kesadaran bahwa cinta yg sekarang bisa jadi benci banget kalau gak hati-hati. Jadi yang saya lakukan adalah memelihara "kebodohan" yang membuat saya dan Bowo bertahan. Berantem-berantem geje yang harmless itu ngangeni lho. Bikin gak bosen juga. Kami masih suka ribut soal siapa yg harus bayar makan hari ini karena sama-sama gak mau keluar uang, atau ngetawain aib-aib yang kami umbar di muka umum buat bahan becandaan. Kami juga menjadwalkan traveling setahun sekali yang lagi-lagi selalu diwarnai keributan masalah packing, dsb. Intinya, we can drive each other crazy, but we can never bore each other to death.

Jadi, apa bener marriage is the beginning of all hell? Oh tentu. Tapi marriage is also the beginning of a new journey, a new adventure, and a new heaven. If you know how to deal with it, of course..




Share:

24 komentar

  1. Bener banget, suami yg punya mantan sebiji aja saya baper hadeuh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak papa mbaaak, asal jangan jadi bahan ribut terus. Kan pernikahan emang isinya saling belajar dan kompromi. Semangat yaaaa...

      Hapus
  2. very well written miss...
    sampe sekarang saya juga masih single n belum tertarik sama komitmen ya karena ke-akuannya itu...
    walau banyak juga yang ngomong tentang hal-hal seru yang ada kalo udah married...
    tapi kita liat nanti aja ah~~

    BalasHapus
  3. @Jopie: take your time. Jangan pernah menikah hanya karena semua minta kamu menikah. Do it when you know you want it and you want to make it work. Being single bukan aib kok. Santai aja. Kalo udah ketemu yg klop, pasti pengen nikah juga. Hehehehe

    BalasHapus
  4. well noted mak. emak mak gesi nih racun, umbar2 aib pernikahan... bhahaha.. *peace, mamii ubii*

    semangat... apapun makanannya... yang penting kita tetap berusaha ya mak. adaptasi tiada henti... *salamkebo!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget mak. Kalo kita udah gak mau lagi adaptasi, habis sudah relasi berdua. Yang ada capek trus berantem. Banyak temennya kok mak! Salam kebo!

      Hapus
  5. hemmmm... setuju....

    dan aku bersyukur akhirnya bisa memperjuangkan eaaaa.. bisa menikah dengan pilihan sendiri bukan paksaan.. sehingga bisa saling menerima dan lbh kompak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamaaat! Yg milih sendiri aja masih gedubrakan ya mbak. Apalagi yg nikahnya terpaksa.

      Hapus
  6. Mammmmiiii tata...saia sukak ni tulisan. Most of the time after my marriage (yg maaf maaf lupa undang ms tata krn undangan ke teman2 sastra tak serahin ke jodi, ehmm tau ndiri lah jodi hehehe...piss..tetep lope mami tata kok). Oya most of the time after being married is i always miss my time as anak kos yg bebas liar merdeka. Laaah!!! Kangen nongkrong bebas merdeka di kopi shop kesayangan, ngangkring, jalan2, kemping, shopping ga aturan, bla...bla...ah...ya kurasa semua pasangan merasakan hal yg sama ya mam. Bahkan abis punya anak jg kadang(eh masih sering) kangen masa masa itu...sigh! Ok cukup sekian curcolnya. Tetep cinta swami saia dan terutama our little baby 'rascal'. Hanya saja curahan hati mami tata, aditya & grace ya guwee bgt. Hehehehe mari kita toss����

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huh! Aku dilupakaaaan! Padahal aku cuma di sebelah dan gak berani nongol karena gak diundang. Sakit hatikuuuuu #mulaidrama
      Ya emang you gain some, you lose some. Semua jg pengen kali, nikah tp masih bisa tralala kayak jaman bujangan. Ehm, itu yg di rumah tanggung jawab sapa emangnya? Hahahaha.. Nikah dan punya anak itu sama dengan neverending responsibility gak sih? Jd kalo emang gak yakin bersedia memikul tanggung jawab, ya ntar2 aja nikahnya. Enjoy being single dulu. Anyway busway, masih bisa kan jadi emak2 gaul macam kita iniii? Hahahahahaha

      Hapus
  7. hahahahahha aku lgs ngakak baca yg bagian suka ngelindur dan kepala sampe kejeduk tembok gitu mbak ;p kasian amat suamimu..

    tp memang bener si nikah itu bukan masalah gampang... lah aku aja bisa kejebak 2x ;p.. yg pertama gagal krn ga kuat trnyata nikah itu menyiksa ;p. Yg kedua sampe skr msh bertahan , tp terkadangmasih ribut ama suami, walopun dia lbh bnk ngalah , dan aku lbh bnyk moody ;p.. cm utk yg kedua ini, masih berharaplah kita bakal nemuin kecocokan ato setidaknya pengertian satu sama lain nantinya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang memelas kok suamiku. Hahahaha.. Makanya dia selali bilang kalo ada lembaga perlindungan terhadap korban kekerasan buat laki2, dia mau daftar. Hahahaha..
      Makanya ya mbak, dikira kalo udah nemu pasangan, selesai sudah semua persoalan. Padahal baru itulah awal persoalannya. Semoga yg ini langgeng ya mbak. Semangaaatt!

      Hapus
  8. Ahahaha, epik banget, miss! Bikin ngakak bagian ngelindur itu. Aku lagi makan sambil baca terus mules ketawa :D :D :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebiasaan buruk memang susaaah. Yang penting alibi mimpinya kan kuat. Hahahahaha...

      Hapus
  9. halo mak, salam kenal. gokil banget kesehariannya. hahaha jd inget kebiasaan2 di rumah juga sama suami. kami berdua punya panggilan absurd masing2 yang selalu kami ucapkan secara ga penting palagi kalo salah satu lagi keluar kota. yaaahhh menyenangkan ya mak pokonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mak. Setuju banget kalo relasi dengan pasangan emang harus dibuat semenyenangkan mungkin biar gak bete. Orang gak kenapa-kenapa aja kita gampang bete sama pasangan. Hahahahaha...

      Hapus
  10. Hai...salam kenal :)
    Kocak banget, the beginning of hell. Kudu pinter2 ngatur emosi yak. Kalo bawaannya sensi sama pasangan, dijamin hidup gak tenang. Jadinya dibawa nyantei aja deh, alias pasrah, malah ternyata jadi lebih seru :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mbak =)
      Dibawa mengalir aja sih ya mbak. Namanya juga nyatuin dua kepala. Gak ribut ntar malah bosen. Ribut mulu, stress. Susah susah gampang yaaaa.. =D

      Hapus
  11. Balasan
    1. Persiapan buat masa depan ya mas? Hehehehe...

      Hapus
  12. omaigattt..q ketawa keras bgt pas baca bagian ngelindurx, kasian bgt pak suaminyaa wkkkk aduh tp gokil banget sih,.semoga tetep kompak dan bahagia yaa bu tataa 😍

    BalasHapus
  13. setuju banget mbaa, cinderella love story hanya khayalan tingkat tinggi deh meskipun maunya juga begitu hehe. pernikahan memang harus di jaga dan di usahakan setiap hari :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Kalo gak diusahain ya bubar juga walaupun awalnya cinta mati.

      Hapus